Selasa, 23 Mei 2017

Kelebihan dan Kekurangan Software

4 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Software Open Source


Open source merupakan implementasi software dalam bentuk source code yang dapat dibaca. Suatu program dengan lisensi open source membebaskan siapa saja yang ingin melihat kode program bahkan mempelajari cara kerja software tersebut. Pengguna juga bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di dalamnya.
Cara kerja open source sama seperti software komersial lain. Karakteristik utama dari open source adalah kebebasan pengguna untuk menggunakan software sesuai keinginan, memodifikasi sesuai kebutuhan, dan mendistribusikannya kepada pengguna lain secara gratis.
Lalu kenapa harus membayar untuk Photoshop jika bisa mengolah gambar menggunakan Gimp? Kenapa menghabiskan banyak uang untuk Microsoft Office jika bisa menikmati fitur yang sama dengan LibreOffice? Bagaimanapun juga menggunakan software open source tak luput dari yang namanya kekurangan dan kelebihan. Sebelum Anda mengganti semua program milik Anda dengan open source, ada baiknya simak beberapa hal berikut ini:

Kelebihan Software Open Source

1. Biaya yang dikeluarkan lebih rendah dibanding menggunakan produk komersial

Mengggunakan software open source bisa menghemat biaya produksi karena tidak ada kewajiban untuk pembelian lisensi software. Pengguna secara gratis bisa menggunakannya bahkan untuk setiap tambahan copy yang didownload. Selain itu open source bisa digunakan hampir semua jenis komputer. Berbeda dengan software komersial yang menarik biaya untuk produknya, karena mereka membutuhkan dana untuk melindungi software dari pembajakan.

2. Dibuat dan dikembangkan oleh banyak teknisi terampil

Dalam sebuah proyek open source dikembangkan oleh para teknisi terampil dan berbakat. Biasanya para developer akan berusaha keras mengorbankan seluruh waktunya untuk membangun sebuah program. Banyak perusahaan yang mendapat keuntungan dari open source. Ada yang memilih untuk membuka kode program untuk umum. Secara tidak langsung program dievaluasi oleh pengguna lain terutama developer. Ada banyak mata yang dapat memantau keberadaan bug dan banyak tangan yang dapat memperbaiki kerusakan tersebut. Faktor itulah yang menjadikan produk open source memiliki kualitas yang baik.

3. Lebih fleksibel

Menggunakan software open source berarti Anda tidak terikat untuk menggunakan sistem vendor tertentu yang hanya bekerja dengan sistem mereka yang lain. Dengan bantuan developer Anda dapat memodifikasi dan mengadaptasi perangkat lunak open source untuk kebutuhan bisnis Anda sendiri, tanpa menyalahi EULA tentunya.

4. Selain lisensi software gratis, open source legal digunakan

Kekurangan Software Open Source

1. Rentan terhadap pengguna jahat

Banyak orang memiliki akses ke kode program open source tetapi tidak semua dari mereka berniat baik. Ada yang memanfaatkan akses ke celah keamanan untuk mengeksploitasi kerentanan produk tersebut. Hal ini jarang terjadi pada program yang diproduksi secara komersial, karena mereka memiliki kontrol dan kualitas hampir sempurna sebelum dirilis ke pasar.

2. Kebanyakan software open source kurang user-friendly

Hal ini tidak berlaku untuk semua software open source, karena ada dari mereka yang sangat mudah digunakan. Seperti LibreOffice, Mozilla Firefox, dan sistem operasi Android. Namun ada beberapa program yang dibuat terutama untuk memenuhi keinginan para developer, sehingga tidak banyak perhatian diberikan pada user interface. Akibatnya software sulit digunakan terutama bagi mereka yang benar-benar tidak tech-savvy.

3. Fiturnya relatif terbatas

Terkadang software open souce belum memiliki fitur-fitur lengkap seperti yang tersedia pada software berbayar. Namun masih ada beberapa software open source yang menyediakan fitur tambahan dengan membayar biaya.

4. Minimnya dukungan yang tersedia

Ketika terjadi sesuatu yang salah Anda akan sedikit kesulitan meminta bantuan kepada perusahaan penyedia open source karena tidak banyak dukungan yang tersedia. Biasanya mereka cenderung mengandalkan komunitas para pengguna untuk menanggapi dan memperbaiki masalah.
Kelebihan dan kekurangan software open source memiliki sudut pandang yang berbeda bagi para developer atau pihak yang hanya menggunakan saja. Jika kita sebagai pengguna sekaligus developer, kita dapat mengimplementasikan fitur yang dibutuhkan dan berbagi dengan pengguna lain untuk meningkatkan kemampuan dan pengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar