Rabu, 17 Mei 2017

Pengertian Microsoft Front Page

Pengertian Microsoft Front Page


Microsoft FrontPage adalah sebuah program yang digunakan untuk membuat, mendesain, dan mengedit halaman web, dengan FrontPage kita dapat melihat secara langsung apa yang akan tampil di web browser sewaktu kita mengedit halaman web di FrontPage, dikarenakan FrontPage adalah sebuah aplikasi yang berprinsip WYSIWYG (What You See Is What You Get) atau “Apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu dapatkan”. Aplikasi FrontPage dikeluarkan oleh perusahaan piranti lunak (software) terbesar di dunia yaitu Microsoft. Selain membuat FrontPage, Microsoft juga membuat aplikasi lain seperti aplikasi pengolah kata Microsoft Word, aplikasi pengolah angka Microsoft Excel, aplikasi untuk presentasi (Microsoft Powerpoint), dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut mempunyai susunan, tata letak dan format yang relatif sama untuk penggunaan menu dan ikon-ikonnya. Materi yang diberikan dalam bab ini memberikan gambaran tentang tampilan perangkat lunak desain web khususnya Microsoft FrontPage.
Microsoft FrontPage memberikan banyak fasilitas untuk melakukan berbagai macam pengaturan (format) terhadap komponen-komponen web yang digunakan. Microsoft FrontPage memungkinkan bagi para programer untuk melakukan editing source program dan menyediakan fasilitas untuk preview desain web yang dibangun secara mudah.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menjalankan Microsoft FrontPage :, pertama kita klik Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office FrontPage 2003 . Secara otomatis akan terbuka sebuah lembar kerja baru yang masih kosong dengan nama new_page_1.htm. Untuk mengubah nama dapat dilakukan ketika kita melakukan penyimpanan lembar kerja. Lembar kerja dengan nama new_page_1.htm akan selalu muncul ketika kita membuka FrontPage, selanjutnya apabila kita membuka lembar kerja baru sementara new_page_1.htm masih terbuka maka yang muncul adalah new_page_2.htm, new_page_3.htm, dan seterusnya
Setelah melakukan langkah di halaman sebelumnya maka akan terbuka lembar kerja Microsoft FrontPage seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Gambar 2. Elemen Dasar Microsoft FrontPage
Keterangan :
  1. Title Bar menampilkan nama file dan lokasi file tersebut.
  2. Menu Bar menyediakan menu File sampai dengan Help.
  3. Standard dan Formatting Toolbar menyediakan shortcut-shortcut penting yang akan sangat berguna ketika kita bekerja dengan FrontPage.
  4. Page Tab digunakan untuk berpindah halaman ketika kita bekerja dengan banyak halaman.
  5. Views Bar digunakan untuk melihat halaman yang sedang kita kerjakan pada tipe penglihatan yang berbeda.
  6. Estimated time to download memberikan informasi kepada kita tentang perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk men-download halaman web kita di browser. 
  7. Status Bar memberikan macam-macam informasi status pekerjaan yang sedang kita kerjakan, misal menampilkan tujuan link ketika kursor mouse kita berada di atas sebuah link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar